3 Rahasia Sukses Usaha Online Dropship

Rahasia Memulai Usaha Online Dropship Dari Nol Hingga Sukses

Usaha online dropship sedang naik daun. Terlebih untuk orang yang ingin memiliki usaha namun terkendala modal, bisnis ini dianggap terbaik. Kenapa? Salah satu keuntungan tak terbantahkan dari dropship adalah tidak mengharuskan Anda memiliki cukup modal. Anda tidak perlu melakukan stock barang. Cukup dengan cara mencari supplier dan rajin promosi. Lalu, yang paling penting ialah tekun dan kreatif. Bagi Anda yang berminat menekuni bisnis online dropship, berikut ini langkah dan tips yang bisa Anda praktekkan sehingga bisa memberikan hasil yang menjanjikan.
Baca 3 Langkah Mudah Memulai Usaha Online Shop Bagi Pemula Agar Bisa Sukses

3 Cara Memulai Usaha Online Dropship

1. Mempertimbangkan Produk Yang Anda Jual

Pertama kali yang perlu Anda pikirkan saat ingin terjun ke dalam usaha online dropship adalah mau jualan apa. Tentukan produk yang ingin Anda pasarkan. Untuk menemukan produk terbaik, maka Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu.
Caranya sangat mudah, Anda bisa browsing di internet. Pilih produk yang banyak dibutuhkan oleh orang atau bisa juga produk problem solver. Produk problem solver merupakan produk yang dihadirkan untuk menyelesaikan permasalahan banyak orang. Misalnya, orang memiliki masalah dengan jerawat, maka produk solvernya ialah krim jerawat.
Bagi pemula, sebaiknya Anda fokus pada satu produk terlebih dahulu. Tingkatkan branding pada produk tersebut, supaya orang semakin yakin dengan Anda, baru Anda bisa menjual berbagai barang sekaligus.

2. Mencari supplier pertama yang aktif dan professional

Supplier sangat penting dalam bisnis usaha online dropship. Di dalam bisnis ini, Anda tidak memiliki dan melihat dengan nyata barang yang Anda jual. Oleh sebab itu, Anda pasti memerlukan informasi detail sewaktu-waktu apabila ada calon pembeli yang bertanya. Supplier yang aktif memungkinkan Anda menjawab semua pertanyaan Anda.

Masih seputar dalam menemukan supplier yang tepat, Anda juga harus bisa menemukan supplier pertama. Untuk menemukannya, Anda perlu browsing sekaligus mencermati satu persatu supplier. Saat ini banyak reseller yang mengaku supplier, jadi Anda patut jeli dalam menentukan supplier. Selain itu, Anda pun perlu menguji produk yang nantinya akan Anda jual dengan cara membeli produk tersebut.  Hal ini juga berguna untuk mengecek bagaimana respon dan kualitas supplier dalam melayani pelanggan. Jadi, Anda bisa mengecek kualitas barang dan kualitas supplier.

3. Memperjelas hak Anda sebagai dropshipper ke supplier

Dalam dunia bisnis usaha online dropship, Anda memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh supplier. Hak tersebut yaitu;

  • Supplier wajib mencantumkan nama brand Anda (toko atau website) pada nama pengirim saat melakukan pengiriman barang ke pelanggan (pembeli).
  • Seorang dropshipper memiliki hak untuk meminta personal garansi. Garansi ini juga berlaku apabila barang yang dikirim ternyata mengalami kerusakan, kecatatan atau kelalaian saat packing.

Itulah ketiga langkah dalam memulai usaha online dropship. Setelah tahap tersebut, maka saatnya Anda melakukan branding product dan menggunakan strategi penjualan. Satu lagi modal yang tidak boleh Anda abaikan jika ingin menjadi seorang dropshipper sukses adalah hindari mental mudah menyerah.